Tutorial dan Panduan Corel Draw X3

Pertama bikin blog emang bingung nyari materi untuk di share ke temen-temen semua, tapi pas di sekolah waktu aku belajar disekolah aku dapet ide buat ngeshare tutorial Corel Draw ke temen-temen semua lumayanlah biar blog tidak vakum dan juga bisa aku bisa lihat ke blog aku kalau aku lupa tentang tutorial ini (Kalau ulangan).Heheh



Baiklah, ini dia tutorial Corel Draw X3.

Inilah Jendela Awal Corel Draw X3
Gambar jendela Corel Draw X3
Gambar diatas adalah jendela applikasi coreldraw X3 secara default  :
  • Tittle bar : berisi keterangan tentang fileyang sedang aktif atau sedang kita buka.
  • Menu bar : berisi pilihan-pilihan menu yang akan menjajar kebawah (drop-down) bila diklik. Terdiri atas menu File, Edit, View, Layout, Arrange, Effect, Bitmap, Text, Tools, Windows, dan Help.  
  • Toolbar : berisi jalan pintas (shortcuts) yang menuju ke menu dan perintah-perintah lainnya. Secara default di sini akan terdapat shortcut New, Open, Copy, Paste, Undo, Redo, Import, Export, Application Launcher, Corel online dan Zoom Level.
  • Property bar : berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan objek atau perangkat yang sedang aktif. Misalnya, jika perangkat Text sedang aktif maka text property bar akan menanpilkan perintah-perintah yang dapat kita gunakan untuk menuliskan atau mengedit text.
  • Toolbox : berisi perangkat-perangkat (tools) yang akan kita gunakan dalam membuat gambar, memberi warna, ataupun melakukan modifikasi-modifikasi terhadap objek dan gambar. Semua bar ini dapat kita pindah-pindahkan letaknya ke tempat yang kita inginkan (detachable) atau bahkan bisa kita tidak tampilkan misalnya kita ingin area gambar menjadi lebih “luas”).
  • Ruler : merupakan batas-batas vertikal dan horizontal; berisi angka-angka untuk menunjukkan ukuran dan posisi objek.
  • Halaman (Drawing Page) : Wilayah kosong (bila belum ada gambar) berbentuk segi empat,di tengah-tengah area putih, di mana gambar/objek yang kita tempatkan di dalamnya dapat kita print.
  • Jendela gambar (Drawing window) : Merupakan area di luar drawing page, dibatasi oleh scroll bars dan kontrol applikasi (application controls).
  • Document navigator : berada pada bagian bawah sebelah kiri; berisi kontrol-kontrol untuk melakukan perpindahan antar halaman, dan juga untuk menambah atau mengurangi jumlah halaman.
  • Status bar : Berada pada bagian dasar jendela applikasi; berisikan informasi-informasi mengenai objek seperti jenis, ukuran, warna, dan resolusi.
  • Navigator : Sesuai dengan namanya, navigator yang berada pada sudut kanan bawah berfungsi sebagai alat untuk membantu kita bergerak di sekitar Drawing window atau drawing page.
  • Color pallete : berupa bar di bagian sisi paling kanan yang berisi kotak-kotak warna (secara default berisi warna-warna CMYK) yang akan kita gunakan untuk memberi warna pada objek yang kita pilih.
  • Docker : docker merupakan suatu jendela tersendiri yang berisi perintah-perintah dan setting yang berhubungan dengan perangkat atau fungsi-fungsi tugas tertentu.
Nah itu tutorial Corel Draw X3 yang bisa aku share ke temen temen semua dan maaf kalau penjelasannya kurang bagus, karena saya juga dapet itu semua dari buku referensi, semoga bermanfaat. Selanjutnya mungkin aku akan membahas tentang pembuatan logo dari corel draw.

Terus karena aku masih baru, tolong bantuannya sama temen-temen semua memberi kritik dan sarannya mengenai blog ini, agar kedepannya bisa lebih bagus lagi.

3 komentar:

  1. artikel yg menarik mas, dan juga cukup bagus dan saya tertarik dengan artikelnya, dan salam kenal bro dari mico nie, dan juga sekalian nie kalo ada yg suka dengan film box office terbaru silakan kunjungi situs gue ok, karena anda bisa download film secara gratis karena kita update film setiap harinya. terima kasih buat admin disini juga ya, gbu.keep blogging

    BalasHapus
  2. Cukup menarik bro untuk yang baru mulai mengenal corel... Thanks ya. Salam kenal.

    BalasHapus
  3. cara buat nota nya mantap...
    thanks bro!

    BalasHapus